Sabtu, 25 Juli 2009

Anggap Aja Saya Sedang Kuliah Lagi...

Tahun 2000 saya bekerja di salah satu BUMN sebagai Sekretaris Direksi. Saat itu pendidikan saya hanya D3 Sekretaris (lulusan Tarakanita). Di BUMN itu, kalo mau naik jabatan atau punya posisi lebih tinggi, ngga cukup cuma D3 aja. Saat itu saya berfikir, ga mau ah cuma jadi sekretaris bertahun-tahun. Akhirnya, saya melanjutkan kuliah saya dengan mengambil extension di London School of Public Relations. Saya kuliah sambil bekerja. Pagi sampe sore, bekerja. Malam kuliah, begitu terus selama hampir 3 tahun. Capeeek banget rasanya. Belum lagi pengorbanan waktu. Hampir ga punya waktu untuk diri sendiri, yang ditunggu-tunggu cuma weekend. Setelah selesai kuliah, saya malah berhenti bekerja di BUMN tersebut. Boro-boro mau mengabdikan diri meraih posisi yang lebih tinggi seperti rencana awalnya. Setiap bekerja, motivasi saya hanya satu: uang *we're living in the material world, rite?*. Saya bekerja untuk uang. Saya berfikir saat itu, posisi lebih tinggi maka uang lebih banyak.
Keluar dari BUMN tersebut, saya mendapat tawaran untuk membantu mengelola sebuah Production House bersama dua orang teman lama saya. Kenapa saya mau? Karena mereka membayar saya jauh lebih tinggi dari gaji saya sebagai Sekretaris Direksi di BUMN. Tapi pekerjaan juga jauh lebih berat dari Sekretaris. Lebih ke tanggung jawab moral. Mereka membayar saya lebih, dengan harapan saya bisa memberi lebih kepada perusahaan tersebut pastinya. Tapi, lagi-lagi saya tahu, kalo mau sesuatu yang lebih, memang harus ada pengorbanan. Pulang lebih malam, tanggung jawab lebih besar, kepala yang lebih pening, waktu yang semakin sempit untuk diri sendiri. Saya hanya bertahan setahun, karena saya hamil, setelah menunggu selama 5 tahun. Ga mau ambil resiko, karena ini kehamilan yang amat sangat saya tunggu-tunggu, saya resign dari pekerjaan tersebut.
Waktu berjalan sangat cepat, ternyata Allah mempercayakan 3 anak lahir dari rahim saya setiap tahunnya. Bulat sudah ngga mau kembali ke dunia kantor, karena punya amanah yang harus saya jaga. Tapi keinginan cari uang, teteeep membara.
Sekarang ini, saya cuma ngejalanin bisnis Oriflame untuk menghasilkan uang. Saya mengkondisikan diri saya seperti waktu saya sedang kuliah lagi. Saya mesti mengorbankan hal-hal sama seperti waktu kuliah, tapi bedanya di Oriflame, saya bisa atur sesuai dengan kondisi saya saat ini. Ibu Rumah Tangga, dengan 2 anak balita dan 1 bayi.
- Waktu
Kalo semasa kuliah, jadwalnya sudah dibuat oleh kampus. Jamnya jelas, saya mesti hadir di kelas sesuai jadwal yang ada. Di bisnis ini, saya yang mengatur jadwalnya. Jadwal untuk prospek, untuk trening dan untuk follow up serta pembinaan tim di personal grup saya. Pernah ada salah seorang teman saya bilang "elo tuh bisnis oriflame, waktunya sama aja kaya orang kerja kantoran, tiaapp hari keluar untuk prospek". Langsung saya jawab "siapa bilang sama? gue emang hampir tiap hari keluar rumah untuk prospek. Tapi semua gue jalanin setelah gue kasih makan bayi gue, sarapan sama kedua anak gue yang lebih besar, dan anter jemput mereka sekolah. Setelah itu semua beres, baru deh gw keluar prospek. Jelas sangat berbeda sama jadwal kalo gue kerja kantoran ;)"
- Hadir di kelas
Ini mah wajib selama kuliah kalo mau lulus. Disini juga, hadir di kelas trening tiap Sabtu bikin kita naik level :). Begitu juga hadir di BOP yang cuma sebulan sekali, nambah nilai semangat...
- Uang
Biaya kuliah, diktat, modul, ongkos ke kampus, mau ga mau harus kita keluarin, yang nilainya pasti ngga mungkin kecil. Kalo disini semua bisa kita atur, walaupun pasti tetep harus keluar uang *namanya juga bisnis, anggap aja modal* untuk ongkos prospek, beli katalog, flyer, dan lain-lain, tapi jumlahnya masih sangat terjangkau dibandingkan hasilnya.
- Fokus dan Komit
Kalo kita udah ambil satu jurusan kuliah, ga mungkin di tengah jalan kita ganti. Cape banget deh, kapan lulusnya kalo gitu? Begitu juga jalanin bisnis ini. Ahamdulillah saya mah fokus dan komit bener, cuma mau jalanin Oriflame. Biar banyak yang nawarin ini, itu..malah ada beberapa anggota keluarga saya yang jalanin MLM lain...saya mah tertarik aja ngga. Karena saya tahu, bisnis Multi Level Marketing itu cuma ada dua, Oriflame dan Bukan Oriflame..jadi yang jelas-jelas aja deh...
Dannn..dari analogi yang saya bikin ini, antara kuliah sama jalanin Oriflame ada yang sama, yaitu HASILnya. Kalo kuliah lagi saya akan dapet gelar MM..begitu juga di Oriflame, saya akan dapet MM, yaitu More Money...:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar