Jumat, 03 Juli 2009

Bukan Hanya Uang yang Saya Dapat di Bisnis Ini







Alhamdulillah, akhirnya di bulan Juni 2009 saya nyampe di level 21%, Senior Manager!! Seneeeengg banget, antara percaya ga percaya. Tambah yakin banget untuk ngejalanin bisnis ini. Semakin saya meraih pencapaian-pencapaian baru di bisnis ini, semakin saya merasa bersyukur banget dikenalin dan diajak bergabung di bisnis ini sama Teh Thia. Makasiiih banget ya Teeh

Baru 2 hari jadi SM, ada banyaakkk banget hal-hal menyenangkan dan sangat positif yang saya dapet. Mau tahu apa?

1. Meeting dengan BOSSes
Saya datang agak telat, karena disibukkin sama urusan blazer item yang tiba-tiba ga enak banget dipakenya. Teh Thia sms, harus datang jam 10 di Bulungan dan pake hitam-hitam (blazer). Pas mau pake, nah lo...di bagian lengan kok sakit, sempet bingung, ini badan yang menggemuk dengan ngga sopannya atau bajunya yang mengkeret? Setelah diliat-liat, ternyata emang itu bukan blazer saya, tapi blazer Devi, yang ketuker waktu datang ke BOP kemaren…hhhhhh..ada-ada aja. Tapi karena bener-bener udah ga punya blazer lain, dipake juga deh tuh blazer yang agak-agak ketat di lengan saya.
Balik lagi ke meeting dengan BOSSes, saya agak malu waktu datang, semua udah pada kumpul, gimana sih, SM baru, kok telat. Tapi ga mungkin lah saya cerita insiden blazer itu, (tapi saya bbm-in Teh Thia tentang ini). Tapi untungnya para BOSSes tuh ramah-ramah banget, semua senyum dan welcome waktu saya datang. Bergabunglah saya meeting dengan mereka. Rasanya: sueneeenngg banget. Dari dulu kalo datang ke BOP atau acara-acara trening yang diadain BOSS Family, pengen banget jadi salah satu diantara yang pake seragam itu. Keren gitu liatnya. Kompak, ketauan deh, pasti uangnya jut-jut :P karena kan minimal levelnya harus 21% (Senior Manager). Selalu berfikir “duuh kapan ya, saya ada di jajaran itu?” Dan, hari itu saya ada diantara mereka dan sudah menjadi bagian dari mereka. Beneran deh, senangnya ngga terkira. Semua agenda meeting saya ikutin dengan baik, saya simak, pengen rasanya kasih kontribusi besar untuk kemajuan jaringan ini.

2. Share dengan Tim Oriflame dari negara Iran
Di penghujung meeting BOSSes, tiba-tiba ada rombongan Tim Oriflame dari Negara Iran masuk keruangan Eclat, tempat kita meeting. Mereka datang ke Indonesia untuk sharing bagaimana ngejalanin Oriflame. Mereka yang datang dari Iran, levelnya Saphire Director up, masih muda-muda. Bahkan Diamond Director mereka baru berumur 26 tahun..glek!!
Saya senaaanng banget dapet kesempatan ini. Karena dari dulu, dari saya kecil, saya emang senang berhubungan sama orang ‘luar negeri’, asik gitu kayanya kalo punya kenalan di luar Indonesia. Pengen tau culture mereka, kebiasaan-kebiasaannya. Menurut saya it’s interesting. Pernah nih ya, waktu SD saya karya wisata ke Monas, pas lagi ngantri lift yang suka macet itu, saya liat ada beberapa bule, duuh..pengeeeenn banget rasanya saya ngobrol. Pengen tau apa yang ada di pikiran mereka tentang Monas. Tapi saya takut, karena Bahasa Inggris jaman SD kan masih terbatas, walopun saya rajin mantengin acara belajar bahasa Inggris bersama Anton Hilman di TVRI waktu itu, tetep aja ga jago. Jadi saya Cuma bisa senyum2 aja sama si bule2 itu sambil ga tau mau ngomong apa.
Terus, waktu SMA, kaka saya ikutan AFS, pertukaran pelajar ke Jepang. Saya yang seneng gitu, semangat dengerin cerita dia dan liat foto2nya selama di Negara Sakura itu. Beberapa tahun kemudian, kaka saya dapet kesempatan untuk ‘menampung’ mahasiswa2 Jepang yang homestay di Indonesia. Saat itu kaka saya udah bekerja kantoran, jadi ga ada waktu untuk nemenin si mahasiswa2 Jepang ini jalan2., akhirnya dia kasih saya tugas menemani mereka selama di Indonesia. Haiyah…seneng banget, saya anteerr kemanapun mereka pergi, sambil tetep pengen tau gimana kehidupan anak muda di Jepang sana. Pas bahasa Inggris saya udah lumayan, paling ngga berani komunikasi, eh si Jepang ini bahasa Inggrisnya pas-pasan. Jadi..gitu deh, lebih sering pake bahasa isyarat :D
Tahun lalu saya menerima tawaran mengajar expatriate, bossnya temen saya, yang seorang sekretaris CEO disalah satu perusahaan multinasional. Selama saya mengajar, yang ada saya banyak nanya-nanya tentang bagaimana negara asalnya dia (Inggris). Setiap sesi, saya suruh si bule bercerita. Selama dia cerita, bikin saya bener-bener pengen datang ke Inggris…hihihihihi..
Kembali ke Tim Oriflame dari Iran tadi, jadi kita, BOSSes dapet kesempatan untuk tanya jawab tentang bagaimana strategi konsultan-konsultan Iran dalam menjalankan bisnis ini. Secara Oriflame di Iran baru seumur jagung, tapi yang datang kemarin levelnya Saphire Director up. Bagaimana mereka menghadapi masalah barang kosong, seperti Juni lalu yang Oriflame Indonesia alamin. Jadi mereka ga focus sama barang yang kosong, tapi mereka memaksimalkan promo di barang-barang yang slow moving. Terus mereka juga tanya-tanya kenapa seragam BOSSes warnanya orange, menurut mommy Meuthia, orange itu fresh, selalu segar. Kalo menurut saya, orange itu flame (api), menggambarkan semangat kita yang membara, taelaa…Walaupun saya ga nanya langsung, tapi seneng banget bisa share sama mereka. Langsung deh energi positif masuk ke tubuh saya, dan saya makin semangat!!

3. LC Meeting @ Hotel Flora, Kemang
Dihari yang sama, jam 2 siang, ada acara LC Meeting Oriflame yang diadain setiap awal bulan. Kata Teh Tia, BOSSes sebaiknya datang, karena akan ada banyak info baru untuk bulan ini. Oke, saya udah mempersiapkan diri untuk meeting lagi. Ternyata, pas sampe di Hotel Flora, kemang, acaranya rame banget, bukan meeting-meeting serius gitu. Tapi kaya BOP, dengan format yang lebih seru, rame, dengan musik-musik penuh semangat. Dan..yang saya ngga nyangka, ternyata ada rekognisi new achiever bulan Juni. Saya dan Mba Wiwi, dari Boss Family, termasuk di dalamnya. Karena ngga siap, saya kaget bangeet. Tapi seneng, dipanggil namanya, maju ke panggung, diselamatin sama Ted Boman. Disini, level Senior Manager itu level paling cimot, karena ada beberapa New Achiever juga yang direkognisi. Ada diamond Director, ada Double Diamond Director juga….srlurppp..pokoknya bonusnya, cash rewardnya, bonus mobilnya (bisa milih warna lagi) bikin saya ngileeerr..dan langsung ngebayangin ngga lama dari sekarang, pasti saya yang direkognisi jadi Diamond Director. Amin ya Allah!
4. Prospek
Hari yang sama pula, saya ada janji sama Mbak Anty, salah satu donlen luar biasa saya dari personal grupnya Yonna. Walaupun cape, karena dari pagi, saya marathon ada beberapa acara, tapi saya tetap datang ke Senayan City untuk Bantu dia prospek temannya. Teh Thia mau menemani saya, wuiiihhh..tambah senang dan semangat. Jam 18.30 kita ketemu sama Mbak Anty dan temennya, Tike. Biasa, cerita-cerita tentang bisnis ini, itu bagian Teh Thia. Tike tertarik, tanya gimana caranya. Yuukk..marii sini saya ajarin sistemnya, bagian saya deh jelasin system ke dia. Ga usah pake mikir lama, langsung closing, join…Tapi so far, kalo bantu Mbak Anty emang selalu closing, karena Mbak Anty bilang, kalo gue prospek, itu ‘untolakable’. Heheheh..bisa aja si Mbak anty, tapi emang dibuktiin sih, dia emang punya banyak tim yang solid. Heyybaatt deeh..Dapet lagi aura positif dan tambah semangattt banget. Apalagi ngga lama, Teh Thia kasih kabar, kalo nama aku untuk Seminar Manager besok harinya ada di Gran Melia. Whuaaa…seneeengg banget. Ga sabar rasanya nunggu besok…


Alhamdulillah, hari ini mendapat banyaaaak sekali energi positif, semangat baru, bener-bener battere fully charged. Bersyukur dan terus bersyukur, ternyata Oriflame ga cuma kasih saya uang lebih…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar